"PEMANFAATAN AIR LAUT DISUATU DESA"

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

  Hello guys, welcome back to my blog, postingan kali ini saya punya ide yaitu pemanfaatan air laut menjadi air yang dapat kita minum. Air merupakan senyawa yang sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup khususnya manusia, sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air, tanpa air manusia tidak akan hidup. Kebutuhan air sangat besar sekali dikarenakan populasi manusia bertambah, kemungkinan kapasitas air di daratan sudah habis  dikarenakan pengaruh globalisasi dan bertambahnya populasi manusia yang mengakibatkan banyaknya daerah yang kekeringan air.



   Ada yang tau itu gambar apa? mungkin para readers menganggapnya pemandangan, iya benar itu pemandangan tetapi dalam konteks kali ini sedang membicarakan air, jadi itu gambar laut ya guys. Laut merupakan sekumpulan air asin yang sangat banyak dan luas di permukaan bumi, Allah telah menganugrahkan laut yang begitu luas, jadi laut merupakan sumber air yang paling banyak di bumi. Tetapi air laut rasanya asin tidak mungkin kita meminum air laut langsung, ada teka teki bilang kenapa air laut asin? karena ikannya kepanasan jadi keluar keringat dah makanya asin airnya hehehe. kaga jelas.
   Sebenarnya jadi begini rasa asin pada air laut berasal dari daratan, pada saat terjadinya hujan di daratan air akan meresap dalam tanah dan saat itulah sedikit demi sedikit akan keluar lagi melalui sungai - sungai dan akhirnya sampai di laut, pada saat perjalanan menuju ke laut air tersebut membawa garam - garam mineral sehingga laut dipenuhi dengan garam-garam mineral.
   Sekarang bagaimana cara agar air laut dapat kita manfaatkan untuk dapat kita minum, saya mendapatkan ide seperti ini dari Negara Kerajaan Saudi Arabia disana terdapat pabrik yaitu pabrik desalinasi air laut. Desalinasi merupakan proses pengolahan air laut yang dapat menghilangkan kadar garam yang berlebih dalam air untuk mendapatkan air yang dapat kita minum, bukan hanya dapat diminum saja melainkan dapat kita manfaatkan seperti mencuci, dan keperluan lainnya. 
   Bagaimana prosesnya?, 
terdapat 4 proses disini saya akan menjelaskan secara singkat, pertama dari air laut yang sangat banyak dimasukan kedalam tempat penampungan air (feed) setelah itu mengalami pre treatment artinya didalam air laut tersebut terdapat banyak kotoran lalu akan ditangani di proses tersebut, setelah air tersebut bersih tetapi masih mengandung air garam yang begitu banyak maka harus diolah terlebih dahulu dengan menggunakan membran melalui proses yang disebut reverse osmosis setelah proses tersebut selesai maka akan keluar air tawar karena garamnya sudah dipisah melalui proses tersebut. 

Mungkin itu saja ide yang dapat saya sampaikan kepada readers, semoga dapat bermanfaat see you later guys...

Sumber :




















Comments

Popular posts from this blog

STRUKTUR ORGANISASI PERUSAHAAN PT. TELKOM

COMPANY PROFILE PT. BESTARI ADITAMA PERSADA

"MANFAAT DAN PERAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM SEBUAH PERUSAHAAN"