"MANFAAT DAN PERAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM SEBUAH PERUSAHAAN"

Sistem Informasi Manajemen (SIM) merupakan pengembangan dan penggunaan sistem informasi yang membantu bisnis mencapai tujuan dan sasarannya. Serta, beberapa komponen yang berinteraksi untuk menghasilkan informasi. Komponen itu terdiri dari 5 yaitu: perangkat keras, perangkat lunak, data, prosedur, dan orang-orang.

Jurusan yang bukan Sistem Informasi perlu mengetahui tentang pengembangan Sistem Informasi karena, sebagai pengguna masa depan, mereka akan memberikan persyaratan untuk sistem baru dan memfasilitasi pengelolaan produk baru. Para profesional bisnis perlu mengetahui cara menggunakan sistem informasi dan cara membantu dalam mengelola sistem informasi untuk keamanan dan keandalan yang lebih baik.

Sebagai seorang profesional bisnis, kalian memerlukan pengetahuan Sistem Informasi Manajemen (SIM) yang memadai untuk menjadi konsumen yang efektif dan informasi mengenai produk dan layanan teknologi informasi. Teknologi informasi dan sistem informasi adalah dua istilah yang terkait erat. Teknologi informasi (TI) mengacu pada produk, penemuan, metode, dan standar yang digunakan untuk tujuan menghasilkan informasi yang dapat mendorong pengembangan sistem informasi baru. Sedangkan, Sistem Informasi (SI) mengacu pada perakitan perangkat keras, perangkat lunak, data, prosedur, dan orang-orang yang menghasilkan informasi.

Kalian perlu mengambil peran aktif dalam pengembangan sistem informasi. Tidak masalah jika kalian seorang programmer atau perancang basis data, kalian harus aktif dalam: 
  • Menentukan persyaratan sistem 
  • Membantu mengelola proyek pengembangan
  • Menggunakan Sistem Informasi

Gambar diatas merupakan 5 karakteristik yang dapat membantu kita dalam memahami sistem informasi baik sekarang maupun di masa depan.

Sistem informasi mengandung tiga aktivitas dasar didalamnya, diataranya; aktivitas masukkan (input), pemrosesan (processing), dan keluaran (output). Tiga aktivitas dasar diatas dapat menghasilkan informasi yang dibutuhkan sebuah organisasi untuk pengambilan keputusan, pengendalian operasi, analisis permasalahan, dan menciptakan produk atau jasa baru. Peran masukkan untuk mengumpulkan bahan mentah (raw data), baik dari dalam maupun dari lingkungan sekitar organisasi. Sedangkan, keluaran itu mentransfer sebuah informasi yang diproses kepada pihak atau aktivitas yang akan menggunakannya. Sistem informasi juga membutuhkan umpan bali (feedback), yaitu untuk dasar evaluasi dan perbaikan ditahap input berikutnya.

Ada beberapa manfaat Sistem Informasi Manajemen (SIM) antara lain sebagai berikut:
1. Sistem Informasi Manajemen untuk Pengambilan Keputusan
Model dari sistem keputusan ini dapat diambil melalui dua cara yaitu tertutup dan terbuka. Sebuah sistem keputusan tertutup menganggap bahwa keputusan dipisah dari masukkan yang tidak diketahui dari lingkungan. Sementara itu konsep sebuah sistem keputusan tertutup jelas beranggapan mengurutkan berdasarkan kepentingan hasilnya, orang rasional yang secara logis menguji seluruh alternatif, dan memilih alternatif yang membawa pada hasil yang optimal. Sedangkan sistem keputusan terbuka memandang keputusan berada di dalam suatu lingkungan yang rumit dan sebagian lagi tidak diketahui. Pengambilan keputusan dianggap tidak harus logis dan sepenuhnya rasional, namun lebih banyak memperlihatkan rasionalitas hanya dalam batas yang dikemukakan oleh latar belakang, kemampuan menangani model keputusan, pandangan dan sebagainya.

2. Sistem Informasi Manajemen untuk Pengendalian Operasional
Pengendalian operasional merupakan proses pemantaapan agar kegiatan operasional dilakukan secara efektif dan efesien. Pengendalian operasional memakai prosedur serta aturan keputusan yang telah ditentukan terlebih dahulu, dan keputusan dapat diprogram. Pendukung pemrosesan untuk pengendalian operasi terdiri atas; Proses transaksi, laporan dan pemeriksaan.

3. Sistem Informasi Manajemen untuk Perencanaan Strategis
Tujuan perencanaan strategis adalah untuk mengembangkan strategi dimana organisasi akan mampu untuk mencapai tujuannya. Aktifitas perencanaan strategis tidak mesti terjadi dalam suatu kurun waktu periode seperti halnya aktifitas pengendalian manajemen. Aktifitas ini memang agak tidak teratur, meskipun kenyataanya beberapa perencanaan strategis dapat dijadwalkan kedalam perencanaan tahunan dan juga siklus penganggaran. Waktu perencanaan strategis cenderung sangat lama, oleh karena itu perubahan mendasar dalam organisasi dapat diadakan.

Peran Sistem Informasi Manajemen dalam Sebuah Perusahaan
Dari 3 manfaat diatas, Sistem Informasi Manajemen juga dapat memberikan peran penting dalam sebuah organisasi di sebuah perusahaan. Peran tersebut dalam menunjang kegiatan bisnis operasional, menunjang manajemen dalam pengambilan keputusan, dan menunjang keunggulan strategi kompetitif organisasi. Sistem Informasi Manajemen ini bertujuan untuk menghasilkan informasi yang berguna untuk perusahaan.

Supaya informasi yang dihasilkan oleh sistem informasi dapat berguna bagi manajemen, maka analisis sistem harus mengetahui kebutuhan-kebutuhan informasi yang dibutuhkannya, yaitu dengan cara mengetahui aktivitas untuk masing-masing tingkatan (level) manajemen dan tipe keputusan yang akan diambil. Maka, tujuan Sistem Informasi Manajemen adalah supaya organisasi memiliki informasi yang bermanfaat dalam pengambilan sebuah keputusan baik yang rutin maupun yang strategis. Sehingga, SIM merupakan suatu sistem yang menyediakan fasilitas kepada pengelola organisasi data maupun informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan tuga-tugas yang diberikan pihak organisasi tersebut.

SIM juga dapat menunjang kegiatan bisnis operasional serta pengambilan keputusan. Sistem informasi dapat memadukan informasi untuk membantu manajer menjalankan bisnis menjadi lebih baik, informasi yang sama dapat membantu para manajer mengidentifikasikan kecenderungan dan untuk mengevaluasi hasil dari keputusan sebelumnya. Sistem informasi akan membantu para manajer membuat keputusan yang lebih tepat, baik dan bermakna. Sistem informasi yang dirancang untuk membantu pencapaian sasaran startegis perusahaan dapat menciptakan keunggulan di pasar.

Itu saja artikel yang dapat kami sampaikan, kritik dan saran yang dapat membangun kami terima agar kita dapat belajar kembali tentang hal tersebut. 

Comments

  1. Replies
    1. Semoga bermanfaat ya, jangan lupa bagikan ke teman yang lainnya agar dapat mengetahui informasi diatas.

      Delete
  2. Wah ini artikel yang sedang saya cari, sangat bermanfaat. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat ya, jangan lupa bagikan ke teman yang lainnya agar dapat mengetahui informasi diatas.

      Delete
  3. tolong adsense nya di kondisikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. dikondisikan bagaimananya ya? oh iya semoga bermanfaat ya, jangan lupa bagikan ke teman yang lainnya agar dapat mengetahui informasi diatas.

      Delete
  4. Replies
    1. Semoga bermanfaat ya, jangan lupa bagikan ke teman yang lainnya agar dapat mengetahui informasi diatas.

      Delete
  5. Replies
    1. Semoga bermanfaat ya, jangan lupa bagikan ke teman yang lainnya agar dapat mengetahui informasi diatas.

      Delete
  6. mantap artikel nya gan , iklan nya udah ane klick juga kok lumayan kan adsense nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat ya, sering-sering klik iklannya gan. Jangan lupa bagikan ke teman yang lainnya agar dapat mengetahui informasi diatas.

      Delete
  7. MANTAP BETUL..
    main main ke blog saya bolehh tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat ya, kasih linknya aja nanti mampir kesana dan ninggalkan jejak. Jangan lupa bagikan ke teman yang lainnya agar dapat mengetahui informasi diatas.

      Delete
  8. Replies
    1. Diizinkan gan, semoga bermanfaat ya. Jangan lupa bagikan ke teman yang lainnya agar dapat mengetahui informasi diatas.

      Delete
  9. Sangat membantu .. terima kasih infonya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

STRUKTUR ORGANISASI PERUSAHAAN PT. TELKOM

COMPANY PROFILE PT. BESTARI ADITAMA PERSADA