Yuk Mengenal Kebudayaan

Pengertian Kebudayaan.

Kebudayaan berasal dari kata "budaya", yang berasal dari bahasa Sanskerta "budhayah", sebagai salah satu bentuk jamak dari buddhi, yang berarti budi atau akal. Jadi, kebudayaan adalah hal - hal yang bersangkutan dengan budi atau akal.

Koentjaraningrat memberikan pengertian kebudayaan sebagai "keseluruhan dari hasil budi dan karyanya itu". Atau dengan kata lain bahwa kebudayaan itu merupakan keseluruhan dari apa yang pernah dihasilkan oleh manusia karena pemikiran dan karyanya. Jadi kebudayaan merupakan produk sebuah budaya.

Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli.

Beberapa para ahli telah mendefinisikan pengertian kebudayaan dari berbagai pandangan seperti :

1. William H. Haviland. Kebudayaan adalah seperangkat peraturan dan norma yang dimiliki bersama oleh  para anggota masyarakat, yang jika dilaksanakan oleh para anggotanya akan melahirkan perilaku yang dipandang layak dan dapat di tarima ole semua masyarakat.

2. Herskovits. Kebudayaan adalah sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai superorganik.

3. Al. Krueber (1958: 582-583). Menurut Al. Krueber kebudayaan adalah suatu sistem dari ide-ide dan Konsep-Konsep Kebudayaan Dari wujud sebagai rangkaian tindakan berpola suatu aktivitas dan Manusia yang.

4. Bounded et. Al. Definisi kebudayaan menurut Bounded et. Al adalah hal-hal yang berbentuk oleh pengembangan dan transmisi dari kepercayaan manusia melalui simbol-simbol tertentu.

5. Croydon (1973: 4). Pengertian Budaya menurut Croydon adalah suatu sistem pola terpadu, yang sebagian besar berada di bawah ambang batas kesadaran, namun semua yang mengatur perilaku manusia sepasti senar dimanipulasi dari kontrol boneka gerakannya.

Suku Bangsa Cirebon.

Suku Bangsa Cirebon adalah kelompok etnis yang tersebar di sekitar Kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka sebelah utara atau biasa disebut sebagai Wilayah "Pakaleran", Kabupaten Kuningan sebelah utara, Kabupaten Subang sebelah utara mulai dari Blanakan, Pamanukan, hingga Pusakanagara dan sebagian Pesisir utara Kabupaten Karawang mulai dari Pesisir Pedes hingga Pesisir Cilamaya di Provinsi Jawa Barat dan di sekitar Kec. Losaridi Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah. Berjumlah sekitar 1,9 juta. Masyarakat Suku Cirebon memeluk agama Islam. Bahasa yang dituturkan oleh orang Cirebon adalah gabungan dari Bahasa Jawa, Sunda, Arab dan China yang mereka sebut sebagai Bahasa Cirebon. Mereka juga memiliki dialek Bahasa Sunda tersendiri yang disebut Bahasa Sunda Cirebon.

Sifat - Sifat Penduduk Cirebon.

Setiap suku memiliki karakteristik yang berbeda. Bicara tentang sifat-sifat suku yang ada di Indonesia, sifat orang Cirebon memiliki sifat yang sangat khas dan kental. Sifat orang Cirebon adalah baik, ramah, tidak kasar, suka menolong, menerima orang baru.

Sumber :
1. http://www.sumberpengertian.co/pengertian-kebudayaan-menurut-para-ahli
2. https://id.wikipedia.org/wiki/Orang_Cirebon

Comments

Popular posts from this blog

STRUKTUR ORGANISASI PERUSAHAAN PT. TELKOM

COMPANY PROFILE PT. BESTARI ADITAMA PERSADA

"MANFAAT DAN PERAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM SEBUAH PERUSAHAAN"