"PENGERTIAN NEW MEDIA DAN CONTOHNYA"

1.1 Apa yang anda ketahui tentang New Media dan berikan Contohnya?

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Kesempatan kali ini saya akan membahas berkaitan dengan tugas SoftSkill saya yaitu tentang Pengertian New Media dan Contohnya.
 
1.1.1 Pengertian New Media, Dampak Positif dan Dampak Negatif.
Hasil gambar untuk new media
New Media berasal dari bahasa Inggris yang terdiri dari 2 kata yaitu New dan Media yang memiliki arti Media Baru. New Media merupakan sebuah terminologi untuk menjelaskan konvergensi antara teknologi komunikasi digital yang terkomputerisasi serta terhubung ke dalam jaringan. Contoh besar penerapan media yang baru ini adalah sebuah internet.

Komponen New Media.
Didalam New Media ada beberapa komponen seperti pembuat, penyalur dan pemakai. Komponen tersebut digunakan agar dapat berhubung dengan New Media, diantaranya sebagai berikut:

  • Produsen, merupakan orang yang menciptakan wadah atau sebuah sarana New Media itu sendiri komponen ini berperan sebagai pencipta atau pembentuk New Media.
  • Distributor, merupakan sebuah perantara yang menghantarkan sarana media atau bisa disebut juga sebagai media yang berfungsi menghantarkan pemakai untuk memakai itu sendiri.
  • Konsumen, merupakan orang yang berperan sebagai pemakai sebuah sarana media atau New Media.

Dampak Positif terdiri dari semakin mudahnya untuk mendapatkan suatu informasi, memudahkan untuk melakukan sharing data atau berbagi data, menjadi media komunikasi, memudahkan untuk mencari lowongan pekerjaan serta memudahkan untuk melakukan transaksi atau bisnis. Sedangkan dampak Negatif terjadinya pornografi, tersebarnya informasi palsu (hoax), menampilkan kekejaman/kekerasan/kejahatan dan penipuan yang sangat banyak.

1.1.2 Contoh New Media. 


Google Search merupakan sebuah mesin pencarian yang paling banyak digunakan di dunia maya yang dimiliki oleh Google Inc, dengan menggunakan Search Engine Google semua informasi banyak tersedia disana.
Hasil gambar untuk facebook adalah

Facebook merupakan sebuah situs layanan jejaring sosial yang termasuk ke dalam New Media, dikarenakan menggunakan sebuah internet untuk mengaksesnya. Facebook berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat yang diluncurkan pada bulan Februari 2004. September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna yang aktif. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg (14 Mei 1984).

yufid.com 
Yufid merupakan sebuah situs search engine yang bergerak dalam bidang pendidikan dan dakwah Islam. Kata “Yufid” terinspirasi dari kata kerja Bahasa Arab “يفيد” yang memiliki arti “memberikan faidah” atau “memberikan manfaat”.

Bidang garapan Yufid adalah industri kreatif pendidikan dan dakwah. Dengan mengembangkan konten dan produk digital Islam, kami berharap semua orang dapat belajar dan memahami Islam dengan mudah. Kami berharap semua orang dapat merasakan suci dan indahnya islam, dan kemudian mempraktekkan nilai-nilai Islam pada kehidupan sehari-hari.
Sumber:
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Media_baru
2. https://id.wikipedia.org/wiki/Google_Search
3. https://id.wikipedia.org/wiki/Facebook
4. https://andihass.wordpress.com/2013/11/17/new-media-membawa-dampak-positif-dan-negatif/
5. https://idwebhost.com/blog/dampak-positif-dan-negatif-dari-penggunaan-internet/
6. https://yufid.net/about-yufid
7. https://fakhrimahdi67.wordpress.com/2015/10/13/penerapan-new-media-kedalam-internet/

Comments

Popular posts from this blog

STRUKTUR ORGANISASI PERUSAHAAN PT. TELKOM

COMPANY PROFILE PT. BESTARI ADITAMA PERSADA

"MANFAAT DAN PERAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM SEBUAH PERUSAHAAN"