"CARA DISTRIBUSI SIARAN TELEVISI ANALOG DAN DIGITAL"

2.4 Jelaskan cara distribusi siaran untuk televisi analog dan digital!

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
   Pada pembahasan sebelumnya kita telah mengetahui bagaimana cara memproduksi siaran tv analog dan tv digital, dan kali ini saya akan membahas bagaimana cara distribusi siaran untuk televisi analog dan digita.

2.4.1 Pendistribusian siaran televisi analog.

   Pada TV analog, untuk mendapatkan siaran televisi digunakan alat penangkap sinyal berupa antena. Siaran televisi analog ini apabila semakin jauh letak antena dari stasiun pemancar televisi maka sinyal yang diterima akan melemah dan mengakibatkan gambar yang diterima oleh pesawat televisi menjadi buruk dan berbayang atau yang biasa kita sebut ada semutnya. 

2.4.2 Pendistribusian siaran televisi digital.

   Pada TV digital, proses penerimaan sinyal gambar, suara, dan data yaitu menggunakan modulasi digital dan sistem kompresi. Modulasi itu sendiri adalah proses perubahan suatu gelombang periodik sehingga menjadikan suatu sinyal mampu membawa suatu informasi. Dengan proses modulasi, suatu informasi (biasanya berfrekeunsi rendah) bisa dimasukkan ke dalam suatu gelombang pembawa, biasanya berupa gelombang sinus berfrekuensi tinggi. Peralatan untuk melaksanakan proses modulasi disebut modulator, sedangkan peralatan untuk memperoleh informasi informasi awal (kebalikan dari dari proses modulasi) disebut demodulator dan peralatan yang melaksanakan kedua proses tersebut disebut modem.

2.4.3 Gambar ilustrasi pendistribusian siaran televisi analog dan digital.


Sumber:

Comments

Popular posts from this blog

STRUKTUR ORGANISASI PERUSAHAAN PT. TELKOM

COMPANY PROFILE PT. BESTARI ADITAMA PERSADA

"MANFAAT DAN PERAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM SEBUAH PERUSAHAAN"