"TEKNIK PEMBUATAN NASKAH FILM DIGITAL"

2.7 Jelaskan tentang teknik pembuatan naskah film digital!

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
   Pada pembahasan sebelumnya kita telah membahas keunggulan film digital terutama dalam bidang ekomoninya, dan kali ini kita akan membahas bagaimana sih cara pembuatan naskah film digital dan pastinya ada tekniknya.

2.7.1 Teknik Pembuatan Naskah Film Digital.

Sebelumnya kalian pernah terpikir bagaimana sih cara membuat naskah film digital? Jika tidak, maka kalian tepat sekali sudah berkunjung di blog ini, kali ini saya akan membahas bagaimana teknik pembuatan naskah film digital. Sebenarnya saya bingung kenapa tugasnya untuk mencari ini padahal inikan tugasnya fakultas sebelah.

Dalam perfilman, naskah sering disebut juga sebagai script. Naskah itu sendiri bisa diangkat melalui kisah nyata seperti sejarah, kehidupan sosial bahkan bisa juga melalui fiksi. Berikut ini saya akan berikan teknik cara pembuatan naskah film digital.

1. Kumpulkan niat terlebih dahulu serta alat bantu yang dibutuhkan.
Ini yang terpenting karena niat itulah kunci utamanya, kalau tidak ada niat maka tidak akan mendapatkan apa yang akan dicapai, serta menyiapkan pensil, penghapus, rautan dan alat tulis lainnya maka ini jangan dilupakan.

2. Pikirkan ide cerita yang menarik.
Cerita tidak akan tercapai apabila tidak memiliki ide, maka dari itu ide cerita yang ada dalam imajinasimu langsung tuangkan dalam bentuk tulisan. Percayalah, inspirasi bisa datang dari mana saja, entah itu dari kehidupan pribadi kalian, kehidupan orang-orang di sekitar kalian, atau bahkan dari film lain yang kalian tonton. Namun yang terpenting, dorong diri kalian untuk berpikir sekreatif mungkin agar mampu menghasilkan ide cerita yang baru bagi penonton. Berusahalah semaksimal mungkin untuk menciptakan ide cerita yang berkualitas sekaligus mampu dinikmati orang lain.

3. Membuat keputusan serta merumuskan naskah. 
Tentukan cerita apa yang kalian ingin buat, jika tema sudah ditentukan maka bangun plot yang memiliki keserasian dengan tema tersebut dan jangan lupakan untuk membuat kerangka dari ide cerita yang kalian dapatkan.

4. Setting dan Penokohan
Menentukan setting sebuah film harus kamu lakukan secara detail, agar mempermudah proses syuting (peralatan menggambil gambar). Begitu juga dalam penokohan, jelaskan secara rinci karakter setiap tokoh yang ada dalam ceritamu.

5. Sasaran
Penting bagimu untuk menentukan segmentasi dari film yang akan dibuat. Apakah film ini ditujukan untuk anak-anak, dewasa, keluarga atau remaja.

6. Pesan
Film yang baik adalah film yang memberikan sebuah pesan moral bagi yang menontonnya.

Sumber:

Comments

Popular posts from this blog

STRUKTUR ORGANISASI PERUSAHAAN PT. TELKOM

COMPANY PROFILE PT. BESTARI ADITAMA PERSADA

"MANFAAT DAN PERAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM SEBUAH PERUSAHAAN"