"DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF KESENJANGAN DIGITAL"

4.4 Sebutkan dampak positif dan negatif dari kesenjangan digital!

Pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan apa itu kesenjangan digital dan apa saja sih dampak positif dan negative dari kesenjangan digital?

4.4.1 Pengertian Kesenjangan Digital.

Kesenjangan digital adalah kesenjangan ekonomi dan sosial terkait akses, penggunaan, atau dampak teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Perkembangan di dunia digital sangat dirasakan pada generasi yang dibilang milineal ini dan mampu mengikuti perkembangan zaman. Melalui kemampuan dalam mengoperasikan berbagai alat komunikasi terutama gadget sekaligus memanfaatkan internet yang sudah tersedia.

4.4.2 Dampak Positif dan Negatif dari Kesenjangan Digital.

Peningkatan lapangan kerja karena efek perkembangan zaman terutama dalam bidang teknologi juga dapat dirasakan dengan datangnya berbagai bisnis baru yang berbasis digital, seperti ojol (Ojek Online). Selain membuka lahan pekerjaan baru bagi para sopir, para pelanggan yang telah akrab dengan ponsel pintar dan internet merasa sangat terbantu dengan kehadiran aplikasi-aplikasi tersebut. Pelanggan tidak perlu lagi berjalan untuk memanggil ojek bila ingin bepergian, cukup dengan memesannya secara daring.

Akan tetapi, manfaat perkembangan teknologi yang dirasakan generasi muda, tampaknya masih sulit untuk dapat dirasakan beberapa generasi kalangan atas. Hal ini dikarenakan generasi dengan umur lebih tua umumnya masih terhitung buta teknologi.

Hadirnya dunia digital sendiri sebenarnya telah membawa dampak ketimpangan tertentu terhadap teknologi dan internet, yang oleh Van Dijk (1999) disebut dengan kesenjangan digital dan terdiri dari:
1. Mental access: Minimnya pengalaman digital dasar; yang umumnya diakibatkan oleh kurangnya, atau bahkan tidak adanya ketertarikan terhadap teknologi yang baru. Hal yang sangat umum terjadi pada orang-orang telah berusia lanjut atau lebih tua.
2. Material access: Tidak memiliki komputer atau gawai, dan koneksi internet.
3. Kill access: Minimnya kemampuan di sektor digital; yang umumnya diakibatkan oleh minimnya tingkat pendidikan ataupun dukungan social.
4. Usage access: Minimnya kesempatan penggunaan teknologi dan internet.

Dampak positif kesenjangan digital 

Bagi sebagian orang yang belum mengenal atau menerapkan teknologi maka masyarakat dapat termotivasi untuk ambil bagian dalam peningkatan teknologi informasi tersebut.

Dampak negatif kesenjangan digital

Bagi mereka yang mampu menghasilkan teknologi dan sekaligus memanfaatkan teknologi memiliki peluang lebih besar untuk mengelola sumber daya ekonomi, sementara yang tidak memiliki teknologi harus puas sebagai penonton saja. Akibatnya yang kaya semakin kaya dan yang miskin tetap miskin.

Kemajuan Teknologi Informasi itu terlahir dari sebuah kemajuan zaman, bahkan mungkin ada yang menolak anggapan, semakin tinggi tingkat kemajuan yang ada, semakin tinggi pula tingkat kriminalitas yang terjadi.

Sumber:

Comments

Popular posts from this blog

STRUKTUR ORGANISASI PERUSAHAAN PT. TELKOM

COMPANY PROFILE PT. BESTARI ADITAMA PERSADA

"MANFAAT DAN PERAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM SEBUAH PERUSAHAAN"