"DEMOKRASI DIGTAL"

4.1 Apa yang anda ketahui tentang demokrasi digital?

Pada pertemuan kali ini saya akan menjelaskan tentang apa sih demokrasi digital?

4.1.1 Pengertian Demokrasi Digital.

Hasil gambar untuk demokrasi digital
Demokrasi digital merupakan istilah baru dalam menjelaskan persilangan relasi antara pengguna media sosial, pemenuhan reprensentasi serta artikulasi kepentingan.
Demokrasi digital secara sederhana adalah aktivitas politik yang menggunakan saluran digital, terutama web 2.0, sebagai bentuk partisipasi politik atau penggalangan dukungan publik (Wilhem, 2003).
Demokrasi digital memiliki beberapa sifat diantaranya yaitu; memiliki sifat yang interaktif, maksudnya adalah semua warga negara dapat berinteraktif melalui komunikasi yang bersifat resiprokalitas (saling berbalasan).

Kemudian melalui demokrasi digital dijamin kebebasan dalam berbicara; sehingga pengguna teknologi informasi atau internet dapat mengekpresikan dirinya tanpa terkontrol yang signifikan terhadap penguasa.

Lewat demokrasi digital, kejadian politik maupun informasi lainnya dapat diproduksi secara bebas dan disebarkan ke ruang publik virtual untuk diuji.

4.1.2 Contoh Penggunaan Demokrasi Digital.

Saya ambil contoh dari berita yang diambil dari www.techno.id 
Gerakan demokrasi digital di tahun 2015 mengalami pertumbuhan yang signifikan. Hal tersebut terlihat dari meningkatnya jumlah pengguna wadah petisi Change.org dari 900 ribu pengguna pada 2014 menjadi 1,9 juta pengguna hingga Desember 2015.
oleh sebab itu, demokrasi digital dapat menarik perhatian lebih kepada para penggiat media social dalam menyampaikan sebuah aspirasi.

Sumber:

Comments

Popular posts from this blog

STRUKTUR ORGANISASI PERUSAHAAN PT. TELKOM

COMPANY PROFILE PT. BESTARI ADITAMA PERSADA

"MANFAAT DAN PERAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM SEBUAH PERUSAHAAN"