"DESAIN PEMODELAN GRAFIK"

Desain Pemodelan Grafik

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ 

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang judul dari blog ini yaitu "Desain Pemodelan Grafik" mulai dari pengertian, element - element, teknologi yang digunakan serta aplikasi apa yang mendukung dari pemodelan desain grafik ini.

A. Pengertian Desain

Apa itu desain? mari kita simak penjelasan dari para ahli dalam bidang ini diantaranya:

1. Oxford Dictionaries

Oxford Dictionaries menjelaskan, desain adalah sebuah rencana atau gambar yang dibuat untuk menunjukkan tampilan dan fungsi atau cara kerja suatu bangunan, pakaian, atau benda lain sebelum dibuat.

2. Dudy Wiyancoko

Dudy Wiyancoko menjelaskan, pengertian desain adalah segala hal yang berkaitan dengan pembuatan konsep, analisis data, project planning, drawing/ rendering, cost calculation, prototyping, frame testing, dan test riding.

3. Bruce Nussbaum

Bruce Nussbaum menjelaskan, definisi desain adalah wahana pembantu untuk melaksanakan inovasi pada berbagai kegiatan industri dan bisnis.

4. J. B. Reswick

Sedangkan menurut J. B. Reswick, pengertian desain adalah aktivitas kreatif yang didalamnya terkandung penciptaan sesuatu yang baru dan bermanfaat yang sebelumnya tidak ada.

5. Soekarno dan Lanawati Basuki

Menurut Soekarno dan Lanawati Basuki, pengertian desain adalah suatu pola rancangan yang menjadi dasar pembuatan suatu benda, misalnya busana.

6. Wikipedia

Menurut wikipedia desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata "desain" bisa digunakan, baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, "desain" memiliki arti "proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru". Sebagai kata benda, "desain" digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk benda nyata.

B. Pengertian Desain Pemodelan Grafik

Pemodelan adalah proses untuk membuat sebuah model dari sistem. Model adalah representasi dari sebuah bentuk nyata, sedangkan sistem adalah saling keterhubungan antar elemen yang membangun sebuah kesatuan, biasanya dibangun untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan suatu pemodelan adalah untuk menganalisa dan memberi prediksi yang dapat mendekati kenyataan sebelum sistem di terapkan di lapangan.
Grafik didefinisikan sebagai pengungkaapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, simbol dan gambar dengan menggunakan proses pencetakan. Grafik juga didefinisikan sebagai suatu manipulasi model dan citra.
Desain Pemodelan Grafik ialah suatu proses penciptaan suatu obyek baru dengan menggunakan software (perangkat lunak) aplikasi program dan melalui beberapa tahapan, yakni membuat, menyimpan dan memanipulasi model dan citra.

C. Element - Element Desain Pemodelan Grafik

Element pada desain pemodelan grafik terdiri dari beberapa prinsip dan unsur yang ada dalam desain grafik.

1. Prinsip - prinsipnya diantara lain:
  • Kesederhanaan : Banyak pakar desain grafis menyarankan prinsip ini dalam pekerjaan desain. Prinsip ini bisa diterapkan dengan penggunaan elemen ruang kosong (white space) dan tidak menggunakan terlalu banyak unsur-unsur aksesoris. Seperlunya saja.
  • Keseimbangan (Balance)adalah keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual. Prinsip keseimbangan ada dua, yaitu: keseimbangan formal (simetris) dan keseimbangan informal.
  • Kesatuan (Unity)Kesatuan adalah kohesi, konsistensi, ketunggalan atau keutuhan yang merupakan isi pokok dari komposisi. Contohnya adalah ilustrasi, garis dan teks diberi raster sehingga memberikan kesan kesatuan terhadap pesan yang dimaksud.
  • Penekanan (Emphasis) : Penekanan dimaksudkan untuk menarik perhatian pembaca, sehingga ia mau melihat dan membaca bagian desain yang dimaksud.
  • Irama (Rhythm) : Irama merupakan selisih antara dua wujud yang terletak pada ruang serupa dengan interval waktu antara dua nada music beruntun yang sama dan Irama merupakan pengulangan unsur-unsur pendukung karya seni.
2. Unsur - unsurnya diantara lain:
  • Garis (Line) : Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan satu titik poin dengan titik poin lainnya sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight).
  • Bentuk (Shape) : Bentuk adalah sesuatu yang memiliki diameter tinggi dan lebar.
  • Huruf (Character) : Sesuatu yang dipresentasikan dalam bentuk visual yang dapat digunakan untuk membentuk sebuah tulisan sebagai Bahasa verbal dengan bentuk visual langsung seperti A, B, C dll.
  • Simbol (Symbol) : Sesuatu yang dipresentasikan dalam bentuk visual yang mewakili bentuk benda secara sederhana dan dapat dipahami secara umum sebagai lambang untuk menggambarkan suatu bentuk benda nyata. Misalnya gambar orang, bintang, bulan matahari dalam bentuk symbol. Bukan dalam bentuk nyata (dengan detail).
  • Bentuk Nyata (Form) : Bentuk ini nyata dan mencerminkan kondisi fisik dari suatu obyek. Seperti gambar manusia secara detail, hewan dan benda lainnya.
  • Tekstur (Texture) : Teksture adalah tampilan permukaan dari sutau benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba.
  • Ruang (Space) : Ruang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya, ini dapat dijadikan unsur utnuk memberi efek estetika desain dan dinamika desain grafis.
  • Ukuran (Size) : Ukuran adalah unsur lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu objek.
  • Warna (Color) : Dengan warna orang bisa menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk visual secara jelas.

D. Jenis Desain Grafik dan Software yang Digunakan

Dalam dunia desain grafis, Ada beberapa jenis kemampuan orang untuk membuat sebuah desain, berikut ini beberapa jenis desainer grafis serta software apa yang mereka gunakan.
  1. Editor : Desainer ini khusus untuk membuat cover, sampul, banner, brosur, kartu nama, logo, pin, poster, dsb yang memerlukan pandangan dan software yang harus dikuasai yaitu: CorelDraw, Photoshop, freehand, Ilustrator, Inkscape. Pekerjaan ini sangat dibutuhkan di dunia periklanan dan publikasi.
  2. Animator : Desainer khusus bekerja dalam bidang motion graphic, iklan atau film fantasi. Pekerjaan ini harus memiliki pengetahuan yang cukup tinggi, pengalaman, dan harus menguasai software Macromedia Flash, Adobe Flash, After Effect, Blender, Unity, 3D Maya, Gif Animator, dan Corel Rave. Pekerjaan ini sangat dibutuhkan di dunia perfilman dan pertelevisian.
  3. Visualisator : Desain ini digunakan untuk memberikan gambaran suatu karya produk dalam bentuk real / 3D. Orang yang menggunakan desain ini harus memiliki kemampuan otak kanan yang tinggi serta kreatifitasnya dan harus menguasai 3D max, autocad, dan digital clay. Desain ini sangat dibutuhkan di dunia visualisasi produk dan presentasi produk.
Itu saja yang dapat saya berikan kurang lebihnya mohon maaf, jika ada kritik dan saran yang dapat membangun blog ini dengan senang hati saya terima dan tinggalkan dikolom komentar ya, terima kasih telah berkunjung di blog saya.

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber:
  1. Fakhri, Reyza. 2017. KONSEP PEMODELAN DESAIN GRAFIK. https://reyazz.wordpress.com/2017/09/23/bab-1-konsep-pemodelan-desain-grafik/. diakses tanggal 04 Oktober 2019.
  2. Maxmanroe. 2019. Pengertian Desain: Fungsi, Tujuan, Prinsip, dan Jenis Desain. https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-desain.html. diakses tanggal 04 Oktober 2019.
  3. Wikipedia. 2019. Desain. https://id.wikipedia.org/wiki/Desain. diakses tanggal 04 Oktober 2019.

Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

STRUKTUR ORGANISASI PERUSAHAAN PT. TELKOM

COMPANY PROFILE PT. BESTARI ADITAMA PERSADA

"MANFAAT DAN PERAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM SEBUAH PERUSAHAAN"