"PLATFORM APLIKASI PEMBUAT GAME"

3.2 Sebutkan dan jelaskan platform aplikasi untuk mengembangkan atau membuat video game, serta bahasa pemrograman apa yang digunakan!

Pada pembahasan sebelumnya kita sudah mengetahui apa itu Video Games serta genrenya apa aja, lalu sekarang kita akan membahas Apa saja platform aplikasi untuk mengembangkan atau membuat video games serta bahasa pemrograman apa yang digunakan.

3.2.1 Pengertian Platform dalam Video Games.

Gambar terkait
   Platform merupakan kombinasi antara sebuah arsitektur perangkat keras (Hardware) dengan sebuah kerangka kerja perangkat lunak (Software) (termasuk kerangka kerja aplikasi), dalam sebuah video game platform disini adalah sistem elektronik yang digunakan untuk menjalankan permainan video. Platform untuk Video Game berupa komputer pribadi dan konsol permainan seperti Arcade, Game Boy, PlayStation (PS2/PS3/PS4), Xbox 360, Nintendo Switch, PC (Komputer), game online hingga game Android.

3.2.2 Aplikasi Pembuatan Video Games beserta Bahasa Pemrogramannya.

Sebuah games pasti memiliki aplikasi untuk membuatnya, maka saya akan menyebutkan apa saja aplikasi yang dapat membuat dan mengembangkan games tersebut diantaranya:

1. Stencyl.

Hasil gambar untuk logo stencyl

   Stencyl adalah platform dalam menciptakan game yang memungkinkan pengguna untuk membuat 2D video game untuk komputer, perangkat mobile dan web. Perangkat lunak ini tersedia secara gratis dan juga dapat dibeli. Perangkat lunak ini awalnya disebut ‘StencylWorks’ ketika dalam pengembangan dan rilis awal, tetapi kemudian dipersingkat menjadi hanya ‘Stencyl’. Aplikasi ini cara termudah untuk membuat game tanpa coding. Antarmukanya berkonsep drag and drop serta game buatan anda dapat diekspor ke versi Windows, Mac, Linux, iOS, Android, dan Flash.

Hasil gambar untuk Stencyl

2. Unity 3D.

Hasil gambar untuk unity 3d
   Aplikasi Unity sudah cukup populer, dan anda dapat membuat game 2D dan 3D dihampir media manapun (Windows, Mac, Xbox, Playstation, Android, iOS, dll.) serta genre apapun. Unity juga mendukung impor assets dari 3DS Max, Maya, Softimage, Cinema 4D, Blender, dll. Unity menggunakan bahasa pemrograman C# (C Sharp) berdampingan dengan bahasa pemrograman custom ala Unity, Javascript serta bahasa pemrograman Boo.

Hasil gambar untuk unity

3. Unreal Engine.

Hasil gambar untuk unreal engine logo

   Anda dapat merilis game yang anda buat dengan Unreal Engine ke PC, Mac, iOS, Android, Xbox One, dan Playstation 4. Aplikasi pengembang game ini menyediakan hampir semua yang dibutuhkan untuk membuat game, termasuk fitur 3D modeling, landscape systems, dll. Saking banyaknya fitur, mempelajari cara membuat game menggunakan Unreal Engine membutuhkan waktu, walaupun sebelumnya anda sudah ahli bahasa pemrograman C++. 
   Unreal Engine merupakan game engine yang dikembangkan oleh Epic Games, dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 1998 dengan game bergenre first-person shooter. Walaupun utamanya dikembangkan untuk game first-person shooters, tapi Unreal Engine juga bagus digunakan untuk membuat game bergenre yang lain. Unreal Engine menggunakan bahasa pemrograman C++, dan Unreal Engine merupakan alat yang digunakan oleh banyak pengembang game pada saat ini. Pada saat ini produk terbaru Unreal Engine adalah Unreal Engine 4 yang dirilis pada bulan Mei 2015. Beberapa contoh game yang dibuat menggunakan Unreal Engine 4 seperti “Ark: Survival Evolver”, “Dead Island 2”, dan “Tekken 7”.

Sumber:

Comments

Popular posts from this blog

STRUKTUR ORGANISASI PERUSAHAAN PT. TELKOM

COMPANY PROFILE PT. BESTARI ADITAMA PERSADA

"MANFAAT DAN PERAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM SEBUAH PERUSAHAAN"